Dr. Hasan Tiro ke Aceh, Semoga itu kunjungan damai ”

Posted on Oktober 6, 2008. Filed under: Politik |

 

 

Kepulangan Deklarator Aceh Merdeka, Dr. Hasan Muhammad Tiro ke Aceh kita harapkan membawa satu perobahan besar yang positif dalam kehidupan masyarakat Aceh. Baik dari segi keamanan maupun politik. Kepulangan tokoh utama Aceh Merdeka ini ke Aceh, dari salah satu negara Scandinavia, tempat beliau mendapatkan suaka politik dan berdomisili selama ini ( Swedia ). Sangat dinanti – nantikan oleh rakyat Aceh selama ini. Baik rakyat Aceh yang pro Aceh Merdeka maupun yang pro Otonomi. Mereka ingin melihat dari dekat bagaimana kondisi kesehatan tokoh Ideolog Aceh Merdeka ini yang sebenarnya. Bahkan banyak pihak di Aceh ingin tahu, apa dan bagaimana tanggapan beliau tentang perundingan damai yang telah disepakati di Helsinki 15 Agustus 2005.

 

Selama ini masih menjadi teka – teki bagi seluruh rakyat Aceh, sebab sosok yang dipanggil Wali Negara tidak pernah tampil di media massa selama ini. Setelah masa Rundingan Damai Jeda Kemanusiaan pada tahun 2000 – 2003, maupun pada masa – masa puncak pihak GAM bersedia berintegrasi kembali kedalam Indonesia ( MoU Helsinki 2005 ). Karena yang diketahui secara umum, Dr. Hasan di Tiro orangnya sangat committed dengan perjuangannya. Deklarator Aceh Merdeka ini punya pendirian yang teguh, punya prisip yang sangat kokoh dalam cita – cita perjuangannya untuk memisahkan Aceh dari Indonesia. Jadi melihat kepada sosok yang demikian, tentu saja semua orang bertanya – tanya. Bagaimana tanggapan beliau yang sebenarnya tentang suasana politik di Aceh. Apakah beliau merestuinya. Walau demikian, apapun pemahaman beliau tentang perjalanan politik Aceh sekarang ini. Kita berharap agar Aceh tetap berada dalam suasana yang kondusif.

 

Semua pihak mungkin menaruh harapan yang sama, agar kembalinya Dr. Hasan Tiro ke Aceh tidak mempengaruhi suasana damai yang sedang berlangsung di Aceh sekarang ini. Kita sebenarnya tidak perlu ragu, karena pihak KPA melalui juru bicaranya Ibrahim KBS, telah berulang kali menyatakan bahwa kembalinya Wali Negara bukan untuk tujuan politik. Jadi sesuai dengan janji yang telah diberitakan kepada public oleh pihak KPA, maka kita harapkan mereka benar – benar melaksanakannya. Sebab kalau agenda kepulangan Hasan Tiro yang telah mereka nyatakan selama ini, ternyata nantinya berobah dari pernyataan KPA selama ini. Bukan tidak mungkin, kondisi keamanan di Aceh akan kembali terusik. Jadi kita sangat berharap pihak KPA benar – benar tulus dan commit dengan janjinya.

 

Dalam hal ini juga kita berharap agar semua pihak, harus benar – benar menahan diri dan tidak melakukan tindakan – tindakan provokasi. Kita ingin tidak ingin melihat ada pihak yang mengelar aksi – aksi demontrasi yang membantah kedatangan beliau. Juga kepada bekas gerilyawan GAM kita harapkan juga tidak melakukan aksi – aksi yang dapat memperkeruh kondisi politik di Aceh. Karena sekecil apapun bentuk provokasi akan mempengaruhi suasana politik dan akan menjadikannya besar.

 

Terkait dengan rumor yang sedang beredar dalam masyarakat, bahwa kepulangan Dr. Hasan Tiro ada kaitannya dengan Pemilu 2009. Memang kita tahu, kalau pihak GAM yang kini berobah nama menjadi KPA telah mendirikan satu Partai Lokal. Kita berharap agar kepulangan Dr. Hasan Tiro tidak dijadikan moment politik untuk meningkatkan popularitas partai. Kita ingin pemilu yang akan datang benar – benar bersih. Kalaupun Partai Aceh ( PA ) meraih kemenangan besar di Aceh nantinya, mereka haruslah benar – benar pilihan dari hati nurani rakyat. Bukan dipilih karena unsur paksaan atau tidakan – tindakan lainnya.

 

Kepada segenap rakyat Aceh mari kita berdo’a kepada Allah SWT, agar kita semua dijauhkan dari malapetaka dan huru – hara yang mendatangkan kesengsaraan. Juga kita berharap semoga suasana damai ini tidak terusik dan benar – benar menjadi damai yang abadi. Amien.

 

 

 

 

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Dr. Hasan Tiro ke Aceh, Semoga itu kunjungan damai ””

RSS Feed for FOMAPAK Comments RSS Feed

kalau pun nangroe aceh darussalam merdeka, hendaknya itu menjadi pilihan mayoritas masyarakatnya.
apalah artinya hidup jika kita merasa terbelenggu….


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: