18 Ribu Warga Aceh Besar Terancam Tak Bisa Memilih

Posted on Februari 26, 2009. Filed under: Acheh Sumatera Merdeka |

Banda Aceh, (Analisa)

Sebanyak 18 ribu penduduk yang telah wajib memilih di Kabupaten Aceh Besar, hingga saat ini belum memiliki kartu tanda penduduk (KTP) nasional.
Hal ini menyebabkan warga tersebut terancam tidak bisa memberikan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 9 April 2009 mendatang karena namanya tak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Sejumlah desa di beberapa kecamatan di Aceh Besar mengakui, kalau mereka belum mempunyai tanda identitas diri tersebut, sehingga mereka sedikit resah dan takut karena saat ini seringkali dilakukan sweeping di jalanan.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, H Saifunsyah mendesak Pemkab setempat untuk segera merealisasikan pembuatan KTP bagi warga yang belum memperolehnya.

“Saya memang mendapat laporan itu dari sejumlah desa, ada warga belum memperoleh KTP kemudian saya sampaikan kepada bupati dan sekda agar secepatnya diberikan KTP,” ungkap Saifunsyah kepada wartawan di kawasan Mata Ie Aceh Besar, pekan lalu.

Dari laporan yang diterima Pemkab Aceh Besar, lanjut Saifunsyah, kendalanya disebabkan kekurangan petugas dan perangkat pengadaan itu sering macat pada Dinas Tenaga Kerja dan Catatan Sipil di Jantho, sehingga prosesnya butuh waktu beberapa hari sehingga warga pun akhirnya tidak mau menunggu lama. “Kami pasrah saja meski hanya pegangan surat geuchik (kepala desa) saja, tetapi itu sifatnya sementara. Sedangkan untuk memilih sudah tentu tidak bisa,” ujar Hamidi, salah seorang penduduk Darul Imarah, Aceh Besar.

Kecuali itu, Pemkab Aceh Besar juga memiliki kendaraan pool Disnaker khusus jalan ke desa untuk buat KTP, sebagaimana keterangan Bupati Aceh Besar, dimana mobil dengan petugas datang ke desa-desa itupun perangkatnya sering rusak, sehingga pembuatan KTP dengan istilah “jemput bola” tidak maksimal.

Berdasarkan data wajib KTP 248.591 orang di Aceh Besar, yang berusia 17 tahun (hitungan usia hingga 5 April 2009), sedangkan DPT 230.362 sesuai data Komisi Independen Pemilihan (KIP) 10 Oktober 2008. Jumlah ini diprediksikan sampai 4 Februari lalu sudah mencapai 78,90 persen.(mhd)

Sumber : Harian Analisa

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: