Pengamat : JK tak didukung orang jawa

Posted on Februari 26, 2009. Filed under: Politik |

YOGYAKARTA – Mitos bahwa presiden harus orang Jawa tampaknya masih berlaku. Hal ini diduga akan berpengaruh pada kesediaan Jusuf Kalla maju menjadi calon presiden Partai Golkar. JK diprediksi tidak mendapatkan dukungan kuat di Pulau Jawa.

Dukungan penuh akan lebih banyak diberikan kepada calon presiden yang berasal dari Pulau Jawa. “Ada rintangan budaya yang sangat besar jika nantinya JK dicalonkan Golkar. Harus diingat pemilih terbesar berasal dari Pulau Jawa,” terang Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bambang Cipto di Yogyakarta, Kamis (26/2/2009).

Menurut Bambang, JK berasal dari kelompok minoritas bagi masyarakat Jawa. Akan jauh lebih baik jika JK kembali duduk sebagai orang kedua atau cawapres mendampingi capres lain yang berasal dari Jawa.

“Kepercayaan diri orang luar Jawa hingga saat ini belum maksimal, sehingga butuh waktu lama agar orang di luar Jawa punya kepercayaan diri yang tinggi untuk memimpin Indonesia,” tuturnya.

Kesedian JK untuk dicalonkan Golkar, kata Bambang, hanya cara untuk menutup pintu bagi calon presiden lain selain SBY. “Tradisi orang-orang Sulawesi seperti itu. Saya melihat JK sendiri adalah orang nrimo sehingga mengambil langkah menerima desakan menjadi capres, namun pada akhirnya akan ada gerakan menuju SBY sebagai capres,” tandasnya.

Bambang memprediksi JK akan bersanding lagi dengan SBY manakala perolehan suara Golkar tidak signifikan untuk mengusung capres, dan terpaksa berkualisi dengan partai yang lain untuk mengusung presiden. “Pada akhirnya nanti JK juga akan merapat ke kubu SBY,” pungkasnya.(ded) (mbs)

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: