Umi Saadah Ternyata Dibebaskan Relawan MER-C

Posted on Maret 4, 2009. Filed under: Rampoe |

JAKARTA–Kepulangan Umi Saadah TKW asal Indonesia yang terjebak di Gaza Palestina beberapa pekan lalu ternyata buah upaya relawan MER-C Indonesia yang saat itu tengah berada di Gaza. Padahal saat itu relawan MER-C sebetulnya tengah melakukan misi rencana pembangunan sebuah rumah sakit di Kota Gaza.

dr. Sarbini salah seorang relawan Mer-C yang terlibat langsung upaya pembebasan Saadah menuturkan bahwa sebelumnya, kabar keberadaan Saadah yang tengah terjebak awalnya tidak menjadi fokus perhatian tim MER-C. Namun setelah mendapatkan kabar bahwa Saadah berada dalam penjara polisi Palestina dan terancam keselamatannya, maka dirinya serta sejumlah relawan MER-C lainnya berupaya melacak keberadaan Saadah.

Sarbini menuturkan, Saadah yang sudah delapan tahun bekerja di Gaza, ketika perang terjadi tengah menjalani hukuman dengan tuduhan mencuri uang majikannya sebesar 15 ribu dolar AS.

”Belakangan diketahui itu tuduhan palsu hanya sebagai modus majikan Saadah untuk menghindari membayar upah Saadah selama delapan tahun sebesar sekitar delapan ribu dolar AS,” kata Sarbini kepada Republika, Selasa (3/3). ”Modus ini memang kerap dilakukan majikan Arab untuk menghindari membayar upah TKW, dan ini sudah biasa mereka lakukan.”

Sarbini mengisahkan, tidak begitu saja mudah menemukan Saadah yang saat itu dikabarkan berada di sebuah penjara di Gaza Barat. Apalagi waktu itu di tengah-tengah gencatan senjata tidak permanen antara Hamas dan Israel yang sewaktu-waktu bisa menimbulkan baku tembak kedua belah pihak.

Sarbini memasuki Gaza pada 17 Januari lewat pintu Raffah dengan suasana mencekam dan langsung menuju Rumah Sakit Assyifa. Saat berada di rumah sakit itu, Tim MER-C mendapat kabar jika Saadah sudah keluar dari penjara sebelum gencatan senjata diterapkan. Saat di sana lanjut Sarbini, didapat informasi bahwa Saadah berada di Saraya Reform and Rehabilitation Center di Gaza City.

Bersama dengan Muhamad Mursalin (Relawan dari Forum Umat Islam), seorang relawan dokter asal Turki, dr Faisal serta ditemani Muhamad Naim (anggota Hamas) keempatnya mendatangi lokasi Saraya. ”Tapi saat kita ke sana, tempat itu telah rata dengan tanah,” kata Sarbini.

Selanjutnya Sarbini mencari infromasi ke Red Crescent (Bulan sabit Merah di Gaza). ”Dari sana kami mendapat informasi bahwa Saadah berada di penjara polisi di dekat RS Assyifa” papar Srabini.

Namun setelah mengetahui kasus yang menimpa Saadah, Naim angkat tangan dan menyatakan bukan levelnya untuk bisa membebaskannya. Naim pun mengenalkan Sarbini kepada seorang tokoh Hamas setempat yang cukup berpengaruh, Abu Djafar.

Bersama Abu Djafar, Sarbini pun berupaya membebaskan Saadah. Namun dari pihak polisi setempat keduanya diarahkan menemui majikan Saadah, Dr. Syuaib Kamil.”Syuaib Kamil ini ternyata salah seorang anggota Fatah yang tinggal di pemukiman elit yang didominasi tokoh-tokoh Fatah.” Mendengar penjelasan tuduhan pencurian dari Syuaib, Djafar pun hampir menyerah dan menganggapnya sebagai perbuatan kriminal dan tidak bisa dibantu.

”Namun setelah diberi penjelasan bahwa ini akal-akalan seorang majikan yang berupaya mengelak membayar upah pegawainya, Djafar pun berbalik menekan Syuaib,” papar Sarbini.

Akhirnya Syuaib pun seprti ketakutan. ”Dan saya sempat bilang ke Syuaib betapa teganya dia, saya katakan hal itu tidak mungkin dilakukan Saadah.”

Syuaib pun akhirnya mau menandatangani surat pernyataan pembebasan Saadah. Saadah pun akhirnya berhasil dievakuasi dari Gaza dan dipulangkan ke Indonesia melalui KBRI Kairo, Mesir.

Sementara itu, saat kabar pembebasan Saadah mencuat, hampir semua media memberitakan bahwa Saadah bisa dievakuasi melalui upaya pihak KBRI Kairo. Namun ternyata relawan MER-C lah yang terlibat langsung pembebasan Saadah dari kurungan polisi setempat. –  cep/ahi

Sumber : Republika

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: